Home » » Makna dan Pengertian Sejarah

Makna dan Pengertian Sejarah

Posted by Blog Ilmu Sejarah on Wednesday, November 9, 2016

Makna dan Pengertian Sejarah


Menurut Kamus Besar Indonesia, sejarah mengandung tiga pengertian, yaitu silsilah atau asal usul; kejadian dan peristiwa yang benar-benar terjadi pada masa lampau; dan ilmu, pengetahuan, cerita pelajaran tentang kejadian atau peristiwa yang benar-benar terjadi pada masa lampau.  Dengan demikian, sejarah berarti peristiwa yang terjadi dalam masyarakat (manusia) pada masa lampau.

Sejarawan Sartono Kartodirjo berpendapat bahwa sejarah memiliki dua pengertian, Pertama, sejarah dalam arti objekti.  Kedua, sejarah dalam arti subjektif.

Sejarah dalam arti objektif menunjuk pada kejadian atau peristiwa yang dapat dibuktikan dengan bukti-bukti yang memiliki kebenaran objektif.  Kejadian itu sekali terjadi tidak dapat diulang lagi. Keseluruhan proses itu bersifat objektif karena tidak memuat unsur-unsur subjek pengamat atau pencerita.

Sejarah dalam arti subjektif adalah suatu konstruksi, yaitu bangunan yang disusun penulis sebagai suatu uraian atau cerita.  uraian atau cerita itu merupakan suatu kesatuan atau unit yang mencakup fakta-fakta terangkaikan untuk menggambarkan suatu gejala sejarah secara utuh, baik proses maupun stuktur.  Kesatuan itu menunjukkan koherensi, berbagai unsur bertalian satu sama lain dan merupakan satu kesatuan.  Fungsi unsur-unsur itu saling menopang dan saling bergantung satu sama lain.

Menurut Kuntowijoyo, sejarah menyuguhkan fakta secara diakronis, ideografis, unik dan empiris. Sejarah bersifat diakronis karena berhubungan dengan waktu.
- Sejarah bersifat ideografis karena sejarah menggambarkan atau menceritakan sesuatu.
- Sejarah bersifat unik karena berisi hasil penelitian tentang hal yang khusus, tidak ada persamaan         dengan yang lain.
- Sejarah bersifat empiris artinya sejarah yang benar-benar bersandar pada pengalaman manusia.

Penulis sejarah R.Moh.Ali, memberikan tiga makna sejarah, yaitu sejumlah perubahan, kejadian, dan peristiwa nyata; cerita tentang perubahan-perubahan, kejadian, dan peristiwa nyata; serta ilmu yang bertugas menyelidiki perubahan-perubahan, kejadian, dan peristiwa nyata.


Sekian dulu..semoga ada manfaatnya..

Thanks for reading & sharing Blog Ilmu Sejarah

Previous
« Prev Post

0 comments:

Post a Comment

Blogroll

BTemplates.com