Home » » Asal Usul Istilah Sejarah

Asal Usul Istilah Sejarah

Posted by Blog Ilmu Sejarah on Monday, November 7, 2016


Asal Usul Istilah Sejarah



Secara etimologi kata sejarah memiliki akar kata dari bahasa Arab, Syajarah, yaitu dari kata syajaratun yang artinya phon.  dalam khazanah bangsa Indonesia sejarah dapat berarti silsilah, asal usul, hikayat, dan riwayat.  silsilah sebuah keluarga sering diwujudkan dalam bentuk skema menyerupai pohon lengkap dengan cabang, ranting, dan daun.


kata "kisah" yang sering disebut oleh sejumlah orang sesungguhnya menunjuk ke masa lampau karena mengandung cerita yang benar-benar terjadi pada masa lampau.  Dengan demikia, sebenarnya kisah mendekati pengertian sejarah.  Di berbagai daerah di Indonesia juga dikenal istilah babad, tambo, pustaha, dan cerita,  Babad adalah kisahan berbahasa Jawa, Sunda, Bali, Sasak dan Madura yang berisi peristiwa sejarah.  Tambo adalah uraian sejarah suatu daerah yang sering becampur dengna dongeng.  Pustaha adalah buku atau surat dalam beudaya Batak yang berisi catatan pengobatan tradisional, ilmu gaib, mantra, dan ramalan.

kata riwayat kurang lebih berarti laporan atau cerita tentang peristiwa.  Kata hikayat mempunyai arti cerita tentang kehidupan,  Cerita yang menjadikan kehidupan seseorang sebagai objeknya disebut biografi (berasal dari kata bios dan graven yang artinya menulis) .  Anda bisa mengetahui kisah hidup Presiden Republik Indonesia, Ir.Soekarno, dengan membaca buku biografinya yang ditulis oleh Cindy Adam berjudul Bung Karno Penyambung Lidah Rakyat Indonesia.

Di dalam buku tersebut Anda akan menikmati kisah hidup Bung Karno sejak lahir hingga berada di puncak kekuasaan,  Cerita yang disampaikan Cindy Adam bersumber dari hasil penelitian dan wawancara dengan Bung Karno,  Cerita yang mengisahkan kehidupan seseorang yang ditulis oleh pelakunya sendiri disebut autobiografi.

Anda juga perlu mengetahui beberapa pengertia sejarah di negara lain.  Dalam khazanah Barat dikenal Geschiedenis (Belanda) berarti sestuatu yang telah terjadi (geschieden = terjadi), Geschichte (Jerman) berarti sesuatu yang telah terjadi (geschechen = terjadi), History (Inggris) berarti aktivitas manusia yang berhubungan dengan peristiwa-peristiwa tertentu yang disusun dalam hubungan yang kronologis.

Kata history berasal dari bahasa Yunani, historia yang artinya pengetahuan yang diperoleh melalui penyelidikan.  Kata history yang dipadankan dengan sejarah memiliki empat pengertian, yaitu suatu peristiwa, suatu kejadian, sesuatu yang terlah berlalu; riwayat dari suatu peristiwa/kejadian yang telah berlalu; semua pengetahuan tentang masa lalu (khususnya tentang masyarakat terntentu); dan ilmu yang berusaha menentukan dan mewariskna pengetahuan.

Istilah-istilah sejarah lainnya adalah histoire dalam bahasa Prancis, historia dalam bahasa Latin (bersumber dari kata benda istorberarti orang pandai atau bijak), sedangkan kata kerjanya historein menunjuk pada pengertian penyeledikan atau pengetahuan.




Sekian dulu... semoga ada manfaatnya...



Thanks for reading & sharing Blog Ilmu Sejarah

Previous
« Prev Post

0 comments:

Post a Comment

Blogroll

BTemplates.com