Home » » Manfaat dan Fungsi Sejarah

Manfaat dan Fungsi Sejarah

Posted by Blog Ilmu Sejarah on Saturday, November 12, 2016


Manfaat dan Fungsi Sejarah


Sejarah telah diperbincangkan dandibahas oleh umat manusia sejak dahulu kala.  Karya-karya sejarah pun telah dibaca dan dipelajari oleh umat manusia sejak berabad-abad silam.  orang tentu tidak akan pernah belajar sejarah apabila tidak ada gunanya.  Fakta bahwa sejarah selalu ditulis, dikritisi, ditelaah, dan ditulis ulang dari generasi ke generasi telah lebih dari cukup untuk dijadikan bukti betapa penting sejarah bagi umat manusia.  dari belajar sejarah orang setidaknya bisa mendapatkan pengalaman dan pelajaran berharga.

Secara mendetail sejarawan UGM, Kuntowijoyo, menjelaskan dua kegunaan sejarah, yaitu guna intrinsik dan guna ekstrinsik.  Berikut ini deskripsi singkatnya.

1.  Guna Intrinsik
           Secara intrinsik sejarah memiliki beragam kegunaan berkaitan dengan kedudukannya sebagai ilmu dan dalam rangka pembinaan profesi kesejarahan.  Guna intrinsik sejarah antara lain sejarah sebagai ilmu, sejarah sebagai cara untuk mengetahui masa lalu, sejarah sebagai pernyataan pendapat, dan sejarah sebagai profesi.

2.  Guna Ekstrinsik
          Dalam kaitannya dengan guna ekstrinsik sejarah, Nugroho Notosusanto menyebutkan ada empat fungsi sejarah sebagai berikut :
a.  Fungsi Edukatif
b.  Fungsi Rekreatif
c.  Fungsi Inspiratif
d.  Fungsi Instruktif

Thanks for reading & sharing Blog Ilmu Sejarah

Newest
You are reading the newest post

0 comments:

Post a Comment

Blogroll

BTemplates.com